Ops Keselamatan Lancang Kuning 2024, Tanamkan Sikap Budaya Tertib Dalam Berlalu Lintas Ke Masyarakat

0
11

Riau, Infoindependen.com – Kepolisian Daerah (Polda) Riau terus melakukan berbagai upaya dalam Ops Keselamatan Lancang Kuning 2024 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pengguna jalan dalam tertib berlalu lintas dan menciptakan Kampanye Keselamatan dan Sosialisasi Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di Wilayah Hukum Polda Riau. Kegiatan ini diperkuat dengan upaya Satuan Tugas Pembinaan dan Penyuluhan (Satgas Binluh) yang menanamkan sikap budaya malu jika melanggar aturan.

Pada hari Jumat, 15/3/2024, di sekitar Jl. Sudirman, area sekitar Mall Pekanbaru menjadi titik fokus kegiatan Satgas Preemtif Subsatgas Binluh yang dipimpin oleh Kasubsatgas Iptu Ratna wilis beserta anggotanya. Mereka melaksanakan kampanye dan sosialisasi tentang keselamatan lalu lintas, dimulai dari H+4 hingga H+12 Ops Keselamatan Lancang Kuning 2024.

Personil Satgas Binluh menyebarkan brosur, stiker, dan leaflet keselamatan lalu lintas kepada pengguna jalan, sambil memberikan himbauan langsung tentang pentingnya keselamatan berkendara.

Hal-hal seperti penggunaan helm SNI, safety belt, tidak melawan arus, memeriksa kelaikan kendaraan, dan tidak menggunakan knalpot brong yang mengganggu konsentrasi pengguna jalan lainnya, menjadi fokus kelancaran.

Kegiatan berlangsung selama sekitar 1,5 jam, dimulai dari pukul 10.00 WIB dengan aman dan terkendali.

Satgas Binluh berharap kegiatan ini dapat membangkitkan kepedulian, membentuk budaya tertib lalu lintas, dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Mereka juga berupaya menanamkan sikap budaya malu jika melanggar aturan dalam lintas lalu lintas kepada masyarakat.

“Ikhtiar ini bertujuan untuk mengubah karakter masyarakat pengguna jalan menjadi lebih tertib dan patuh pada aturan,” ujar Iptu Ratna, Kasubsatgas Binluh.

Dengan semakin tingginya kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam lintas, diharapkan akan terjadi penurunan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta terwujudnya Kamseltibcar yang kondusif. (dan)

BACA JUGA :  Mengaku Sebagai Bandar Narkoba Di Media Sosial, Pelaku Diciduk Polisi