Peringati HUT Ke-78 RI, Ketua BPK: Dinamika Dengan Kontribusi Nyata Peningkatan Kualitas Dan Manfaat Pemeriksaan

0
2

Jakarta, Infoindependen.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-78, di halaman kantor pusat BPK, Kamis (17/8/2023). Ketua BPK, Isma Yatun bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan yang digelar secara hybrid tersebut.

Upacara diikuti oleh Wakil Ketua BPK RI, Hendra Susanto, Anggota I BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I, Nyoman Adhi Suryadnyana, Anggota II BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara II, Daniel Lumban Tobing, dan Anggota VII BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VII, Slamet Edy Purnomo, serta para pegawai di lingkungan BPK.

Dalam sambutannya, Ketua BPK RI mengatakan, peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI, dimaknai dengan kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan untuk mencapai tujuan negara.

“Hal ini selaras dengan perwujudan visi BPK, yakni pemeriksaan BPK harus memberikan dampak perbaikan kualitas tata kelola keuangan negara dan konstruktif dalam pencapaian tujuan bernegara,” ujar Isma.

Lebih lanjut, Ketua BPK juga menyampaikan, bahwa selain pemeriksaan atas Laporan Keuangan (LK) yang memberikan manfaat dalam peningkatan kepercayaan publik atas pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran, BPK juga telah menyiapkan strategi pemeriksaan tematik, terutama untuk pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan kepatuhan.

“Untuk itu, kita perlu memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kita miliki saat ini dengan melandaskan pada nilai integritas, independensi, dan profesionalisme, sehingga kinerja dan produktivitasnya dapat berkontribusi maksimal dalam pelaksanaan tugas BPK,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BPK mengungkapkan peningkatan kelembagaan BPK telah membawa capaian yang patut diapresiasi dan memberikan warna tersendiri dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Capaian tersebut salah satunya yaitu, BPK memperoleh peringkat pertama penyerapan anggaran tingkat kementerian dan lembaga tahun 2022 yang mencapai 99,66%.

BACA JUGA :  Ruas Jalan Nasional Batas Jambi, Membutuhkan Perhatian Kementerian PUPR

“Atas seluruh capaian membanggakan ini, saya mengapresiasi sumbangsih dan dedikasi yang telah Anda berikan untuk BPK dalam perjuangan meraih prestasi mewujudkan Indonesia maju,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Ketua BPK mengingatkan agar terus mengobarkan semangat sinergi dan kolaborasi untuk mewujudkan BPK kuat untuk Indonesia maju.

 

 

Sumber: (HumBPKRI)