Kapolres Pelalawan Bersama Tim Gabungan Padamkan Karhutla Di Desa Gambut Mutiara

0
2

Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH, SIK turun langsung ke lapangan untuk memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Gambut Mutiara, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau pada Rabu (20/3/2024).

Pelalawan, Infoindependen.com – Meskipun dalam kondisi berpuasa, AKBP Suwinto tetap semangat memadamkan kebakaran lahan gambut bersama Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan, Zulfan, dan Danramil Kuala Kampar, Kapten Inf Hendra Barus.

Dengan didampingi sejumlah pejabat utama Polres Pelalawan, termasuk Kabag Ops Kompol Maison SH, serta sejumlah personel dari Polri, TNI AD, BPBD Pelalawan, PT THIP, dan MPA, sebanyak 89 orang, AKBP Suwinto dan tim gabungan turun langsung memadamkan api.

Meskipun kondisi asap pekat menghambat upaya pemadaman, AKBP Suwinto terlihat menjadi bagian dari tim pemadam, berperan sebagai shooter atau juru tembak selang air langsung berhadapan dengan titik api. Meski sedang menjalankan ibadah puasa, semangat personel gabungan tidak surut untuk memadamkan kobaran api di tengah terik matahari.

“Kita sempat kesulitan dalam mengendalikan titik api di area ini dikarenakan selain cuaca panas dan angin kencang. Belum lagi jarak tempuh cukup jauh harus melewati jalur sungai dan hutan semak belukar, hingga sulit dilalui dengan kendaraan,” ungkap Kapolres Pelalawan.

Namun, berkat kerja keras tim gabungan, kebakaran lahan gambut seluas 15 hektar berhasil ditaklukan. Meskipun api sudah berhasil dipadamkan, upaya pendinginan masih terus dilakukan untuk mencegah kemungkinan kembali menyala.

Kapolres Pelalawan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka hutan dan lahan dengan cara membakar, terutama di area lahan gambut.

“Kepada warga masyarakat untuk turut andil dalam menjaga lingkungan dari karhutla. Kalau terjadi, segera laporkan dan lakukan upaya pemadaman, termasuk pihak perusahaan,” pungkas AKBP Suwinto. (hend)

BACA JUGA :  Sambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Polsek Helvetia Berikan Makanan Tambahan